Sumber
daya konsumen dan pengetahuan
Pengetahuan konsumen
adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk
dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa
tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan konsumen akan mempengaruhi keputusan pembelian.
Sumber Daya Konsumen adalah semua
pendapatan atau kekayaan yang dimiliki seorang konsumen yang bertujuan untuk
menentukan apa yang akan dibeli oleh konsumen (keputusan konsumen).
Sumber daya konsumen terhadap pembelian terkait dengan pendapatan yang
didapat setiap konsumen. Tinggi atau rendahnya pendapatan konsumen,
mempengaruhi pengeluaran mereka terhadap suatu barang.
Terdapat 3 macam sumber daya
konsumen yaitu:
1.
Sumber Daya Ekonomi – Uang
Sumber daya Konsumen dipengaruhi
oleh potensi sumber daya ekonomi, atau biasa dikenal dengan potensi ekonomi.
Keadaan ekonomi konsumen sangat mempengaruhi konsumen tersebut dalam mengambil
suatu keputusan. Keputusan konsumen sehubungan dengan produk sangat
dipengaruhi oleh jumlah sumber daya ekonomi yang dimiliki pada saat ini maupun
pada masa yang akan datang. Berikut ini adalah pembagian sumber daya ekonomi
(pendapatan) konsumen, yaitu:
a)
Sumber daya ekonomi individu.
b)
Sumber daya ekonomi keluarga.
c)
Sumber daya ekonomi rumah tangga.
Selain pendapatan, sumber daya
ekonomi lainnya yaitu kekayaan (asset / nilai bersih) dan kredit. Kekayaan
seseorang berkorelasi dengan pendapatan orang tersebut.
2.
Sumber Daya Temporal – Waktu
Waktu menjadi salah satu variabel
yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen. Banyak konsumen yang
semakin mengalami kemiskinan akan waktu, karena kesibukan dalam kegiatan
sehari-hari. Namun demikian ada suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk
kegiatan yang sangat peribadi yaitu waktu senggang. Secara historis, anggaran
waktu konsumen dianggap memiliki dua komponen, yaitu waktu kerja dan waktu
senggang. Menurut Lane dan Lindquist, anggaran waktu konsumen terbagi atas:
a)
Waktu yang menghasilkan pendapatan
b)
Waktu terikat (wajib dan non-wajib)
c)
Waktu tidak terikat (terencana dan tidak terencana)
3.
Sumber Daya Kognitif – Perhatian
Sumber daya kognitif menggambarkan
kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan berbagai kegiatan pengolahan
informasi. Karena kapasitas tersebut terbatas, orang harus selektif dalam apa
yang mereka perhatikan dan berapa banyak perhatian dialokasikan selama
pengolahan informasi. Perhatian terdiri dari dua dimensi:
a)
Arahan (direction) menggambarkan fokus perhatian
b)
Intensitas mengacu pada jumlah kapasitas yang difokuskan pada arahan
tertentu.
Sumber : Wikipedia Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar