Pengaruh Keluarga dan rumah tangga
Pengaruh keluarga sangat berperan
penting dalam pengambilan keputusan dalam pembelian produk untuk kebutuhan
keluarga. Kebutuhan keluarga didasarkan pada umur dan jenis kelamin anggota
kelompok dalam keluarga. Dengan pertimbangan ini perlu memperhatikan
siapa-siapa yang menjadi pengambilan keputusan dalam membeli keperluan rumaha
tangga. Pengambil keputusan ini akan mempengaruhi:
a. Iklan --- Ciri-ciri
pembuatan keputusan keluarga mempengaruhi isi pesan iklan. Jika istri atau
suami dalam pembuatan keputusan, pesan iklan harus diarahkan untuk memenuhi
kelompok dominan tersebut. Masalah strategi yang lebih sulit muncul ketika
keputusan dibuat bersama. Apakah seharusnya iklan diarahkan kepada suami atau
istri, atau seharusnya satu iklan didesain untuk menarik kedua-duanya.
b. Media --- Pemilihan media
seharusnya didasarkan pada siapa yang lebih terlibat dalam pengambilan
keputusan. Jika misalnya istri lebih dominant dalam pengambilan keputusan, yang
berarti dia lebih terlibat daripada suami, maka media untuk menampilkan iklan
juga harus media yang berorientasi pada perempuan dewasa.
c. Pengembangan Produk ---
Persoalan yang muncul dalam masalah pengembangan produk adalah apakah produk
yang dikembangkan hanya untuk satu anggota keluarga saja atau justru meliputi
seluruh keluarga. Dalam pengembangan produk, terutama yang berkaitan dengan
produk untuk anak-anak, seharusnya desain produk, terutama yang berkaitan
dengan produk tidak berdasarkan pada selera si anak, (anak tidak/belum
mempunyai pilihan yang tepat dan biasanya pengaruh ibu lebih besar) tetapi
mendasarkan pada perspektif dan selera ibu.
d. Penetapan Harga ---
Strategi harga mungkin juga dipengaruhi oleh identifikasi pembuat keputusan.
Artinya, harga yang ditentukan untuk suatu produk, harus mempertimbangkan
tanggapan pengambil keputusan pembelian. Suami biasanya menentukan berapa
jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk mobil, sedangkan istri lebih banyak
menentukan dalam pembelian peralatan rumah tangga. Dengan demikian, pemasar
dalam menetukan harga mobil atau harga peralatan rumah tangga harus
memperhatikan tingkat sensivitas suami atau istri.
e. Distribusi --- Sifat-sifat
pembuatan keputusan keluarga mungkin juga mempengaruhi strategi distribusi.
Jika keputusan dibuat secara bersama, toko-toko membutuhkan jam buka lebih lama
untuk mengakomodasi suami atau istri. Orientasi produk untuk masing-masing
anggota keluarga, membutuhkan peralatan display yang terpisah.
Sumber : Wikipedia Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar