Minggu, 13 Oktober 2013

utilitarian



PT. Balina Agung Perkasa cabang Cimanggis Pekapuran

Teori:
Utilitarianisme adalah suatu idea atau faham dalam filsafah moral yang menekankan prinsip manfaat atau kegunaan dalam menilai sesuatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling dasar. Teori Utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat.
            Deontologi berasal dari kata yunani “deon” yang berarti kewaiban. Merupakan teori etika yang menyatakan bahwa yang menjadi dasar baik buruknya suatu perbuiatan adalah kewajiban seseorang untuk berbuat baik kepada sesame manusia, sebagian keinginan diri sendiri selalu berlaku baik pada diri sendiri. Dengan prinsip kegunaan, dimasukan prinsip yang menjadi kegunaan sebagai tolok ukur untuk menilai dam mengambil keputusan, apakah suatu tindakan secara moral dapat dibenarkan atau tidak.
            Menurut faham Utilitarianisme bisnis adalah etis, apabila kegiatan yang dilakukannya dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya pada konsumen dan masyarakat. Jadi kebijaksanaan atau tindakan bisnis yang baik adalah kebijakan yang menghasilkan berbagai hal yang baik, bukan sebaiknya menimbulkan kerugian.
·         Nilai Positif Etika Utilitarianisme:
Nilai positif etika utilitarianisme adalah pada rasionalitasnya dan universalitasnya. Rasionalitasnya adalah kepentingan orang banyak lebih berharga daripada kepentingan individual. Berbisnis untuk kepentingan individu dan disaat yang bersamaan mensejahterakan masyarakat luas adalah pekerjaan professional sangat mulia. Secara logika universal, semua pebisnis dunia saat ini berlomba-lomba mensejahterakan masyarakat dunia, selain membuat diri mereka menjadi sejahtera sebagaimana yang dilakukan oleh para pebisnis lain. Pebisnis sebaiknya menerapkan criteria etika utilitarianisme, yang menjadi dasar utama dalam penyusunan program atau perencanaan, khususnya suatu kegiatan mengenai kepentingan orang banyak seperti konsumen, masyarakat atau karyawan perusahaan itu sendiri.
·         Kesulitan Etika Utilitarianisme
Manfaat utilitarianisme yang mengutamakan kepentingan masyarakat luas merupakan sebuah konsep bernilai tinggi, sehingga dalam praktek bisni sesungguhnya dapat menimbulkan kesulitan bagi pelaku bisnis. Pebisnis dengan level intelektual dan molaritas rendah akan sulit menentukan prioritas mana yang akan didahulukan apakah kepentingan konsumen, masyarakat, karyawan atau diri sendiri. Sebaliknya kaum intelektual seharusnya selalu mendahulukan kepentingan masyarakat daripada untuk kepentingan dirinya.
Contoh Kasus:
Alamat cabang : Jl. Sinar Matahari (Pekapuran) No. 1 Kec. Cimanggis, Depok - 16953
Telp    : (021) 877 44 606   -   Fax : (021) 877 44 610
PT. Balina Agung Perkasa adalah perusahaan distribusi air minum dalam kemasan (AMDK) yang fokus pada pengiriman barang dari gudang ke pelanggan (outlet), sehingga pelayananan yang cepat, tepat dan berkualitas adalah perhatian utama kami.
Dengan jumlah pelanggan kami yang lebih dari 18.000 pelanggan yang terdiri dari berbagai jenis macam usaha, mulai dari Hotel, Restaurant, Industry, perkantoran dan perumahan, maka kami pun mempunyai banyak cabang / depo untuk melayani pelanggan kami.
Sesuai dengan Moto kami : Q  &  Q (Quantity & Quality) : Artinya berupaya mencapai suatu target yg tinggi dengan dibarengi kualitas pelayanan yang baik berlandaskan pada nilai-nilai budaya dasar yg dianut perusahaan.
Nilai - Nilai budaya dasar perusahaan (Core Value) PT Balina Agung Perkasa adalah :
-> Integrity :
  • Kepribadian yang jujur dan dapat dipercaya serta berpegang teguh pada sebuah prinsip yang dinilainya benar.
-> Customer Oriented :
  • Mengerahkan seluruh kemampuan diri (pikiran dan tenaga) untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
  • Pelanggan adalah raja.
-> Excellence (of highest quality) :
  • Menjalankan tugas lebihbaik dari orang lain dan dari yang sebelumnya untuk mencapai sesuatu yang lebih baik.
  • Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.
-> Team Work :
  • Keterpaduan/kebersamaan dalam melakukan sesuatu demi tercapainya suatu tujuan bersama (Perusahaan).
Analisis:
Analisis saya adalah dengan baru dibukanya depo air minum ini disekitar rumah saya dapat memberikan dampak baik positif maupun negatif. Untuk sisi positifnya tentu saja pelanggan aqua disekitar kawasan rumah saya pendistribusian air ini sudah tidak diragukan lagi atau konsumen secara mudah dapat memperoleh aqua di berbagai kesempatan, baik dihari raya ataupun hari biasa. Selain pendistribusian yang baik disekitar lingkungan saya, dampak positif selanjutnya adalah memberikan kesempatan untuk orang sekitar untuk mendapatkan pekerjaan. Sedangkan untuk dampak negatifnya adalah jalanan pekapuran yang bisa dibilang tidak terlalu besar cukup sering tersendat, karena keluar masuk kendaraan depo. Kendaraannya sendiri tidak berjumlah banyak tetapi truk-truknya berukuran sangat besar tentu saja dengan kondisi jalan yang tidak begitu besar membuat sering tersendatnya arus lalu lintas disekitar jalan pekapuran.

Referensi         : 1. PT. Balina Agung Perkasa (http://balina.co.id/)
                     2. Etika Utilitarianisme Dalam Bisnis ( Dr.Ir.Waseso Segoro,MM.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar