Rabu, 26 Juni 2013

biografi jokowi



Biografi  Joko Widodo
Siapa yang tidak kenal dengan sosok yang satu ini? Yap anda benar dialah yang menjadi Gubernur DKI Jakarta saat ini. Pria yang lahir di Surakarta pada tanggal 21 Juni 1961 baru saja merayakan ulang tahunnya kemarin tepat yang ke 52 tahun bersamaan dengan ulang tahun Jakarta. Jokowi adalah nama panggilannya. Beliau menjadi Gubernur DKI Jakarta yang ke-17 tepat pada tanggal 15 Oktober 2012. Ditemani dengan Basuki Tjahaja Purnama, mereka berhasil mengalahkan pasangan Fauke.
            Masa kecilnya, Joko Widodo lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Dengan kesulitan hidup yang dialami, ia terpaksa berdagang, mengojek payung, dan jadi kuli panggul untuk mencari sendiri keperluan sekolah dan uang jajan. Saat anak-anak lain ke sekolah dengan sepeda, ia memilih untuk tetap berjalan kaki. Mewarisi keahlian bertukang kayu dari ayahnya, ia mulai pekerjaan menggergaji di umur 12 tahun. Penggusuran yang dialaminya sebanyak tiga kali di masa kecil mempengaruhi cara berpikirnya dan kepemimpinannya kelak setelah menjadi Walikota Surakarta saat harus menertibkan pemukiman warga.
            Pada masa kuliah dan usaha, Dengan performa akademis yang dimiliki, ia diterima di Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Kesempatan ini dimanfaatkannya untuk belajar struktur kayu, pemanfaatan, dan teknologinya. Selepas kuliah, ia bekerja di BUMN, namun tak lama memutuskan keluar dan memulai usaha dengan menjaminkan rumah kecil satu-satunya, dan akhirnya berkembang sehingga membawanya bertemu Micl Romaknan, yang akhirnya memberinya panggilan yang populer hingga kini, Jokowi. Dengan kejujuran dan kerja kerasnya, ia mendapat kepercayaan dan bisa berkeliling Eropa yang membuka matanya. Pengaturan kota yang baik di Eropa menjadi inspirasinya untuk diterapkan di Solo dan menginspirasinya untuk memasuki dunia politik. Ia ingin menerapkan kepemimpinan manusiawi dan mewujudkan kota yang bersahabat untuk penghuninya.

sumber: wikipedia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar